ANASTESI LOKAL DAN SPINAL

Anestesi umum merupakan salah satu jenis anestesi yang umum dilakukan terutama untuk operasi-operasi besar.

CARA KERJA ANESTESI UMUM

Pemberian anestesia akan dilakukan oleh spesialis anestesi atau suster anestesi melalui infus atau dengan menggunakan masker.

Sebuah tabung mungkin akan dimasukkan ke dalam tenggorokan pasien untuk membantu mereka bernapas. Selama proses operasi berlangsung, spesialis anestesi akan mengawasi berbagai aspek vital termasuk tekanan darah, temperatur, dan detak jantung untuk memastikan agar tanda vital tersebut tetap stabil. Selain itu, mereka akan memastikan bahwa pasien tetap tertidur dan tidak mengalami rasa sakit selama prosedur operasi.

Obat yang diberikan dalam anestesi umum akan menghambat sinyal saraf dalam tubuh dan otak. Hal ini akan membantu otak dalam mengenali rasa sakit serta membuat pasien tidak mengingat apapun selama proses operasi. Selain itu, anestesi umum juga bertujuan untuk menghilangkan refleks motorik dan membuat otot-otot menjadi lebih rileks agar memudahkan proses operasi.

Setelah proses operasi selesai, spesialis anestesiologi akan tetap mengawasi hingga pasien kembali sadar sepenuhnya. Bila diperlukan, para spesialis ini akan membantu mengatasi berbagai gejala atau efek samping seperti rasa pusing dan mual yang mungkin muncul setelah pasien sadar.

ANASTESI SPINAL

Pemberian  anestesi  spinal  dilakukan  dengan  menyuntikkan  anestesi  lokal  dan  obatpenghilang rasa sakit lainnya pada area dekat sumsum tulang belakang pasien yang disebut subarachnoid  space.  Anestesi  ini  membuat  saraf  mati  rasa  sehingga  pasien  tidak  dapat merasakan  nyeri  di  daerah‐daerah  tertentu  pada  tubuhnya.  Untuk  penggunaannya, anestesi  spinal  dapat  digunakan  terpisah  ketika pasien  sadar,  atau  bersamaan  dengan pemberian obat bius atau anestesi umum. Di samping itu, anestesi ini juga dapat digunakan pasca operasi dan terbukti efektif menghilangkan rasa nyeri pada tubuh pasien. Dokter anestesi akan melakukan prosedur penyuntikkan anestesi melalui jarum suntik.

CARA KERJA ANASTESI SPINAL

Pada sebagian besar kasus, anestesi spinal cocok digunakan untuk operasi yang melibatkan daerah bawah pinggang. Manfaat  anestesi  spinal tergantung pada  kondisi  kesehatan tiap pasien. Dokter anestesi selalu sedia untuk membantu pasien dalam memilih anestesi yang sesuai.

Anestesi spinal sering digunakan untuk:

  • bedah ortopedi pada sendi atau tulang kaki
  • penanganan hernia pada selangkangan, varises, operasi ambeien (wasir)
  • bedah vaskuler: operasi pada pembuluh darah di kaki)
  • ginekologi: prolaps dan beberapa jenis histerektomi
  • obstetri: operasi caesar
  • urologi: operasi prostat, operasi kandung kemih, operasi kelamin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s